Profil Gampong

Secara Geografis Gampong Riseh Tunong berada di wilayah Kemukiman Sawang Selatan Kecamatan Sawang kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia.

Jarak tempuh Gampong Riseh Tunong dengan pusat kecamatan ± 5 km dan jarak dari jalan Negara, Banda Aceh – Medan (Krueng Mane ) ± 27 km dengan waktu tempuh ± 1 jam.

Sedangkan jarak Gampong Riseh Tunong dengan kota Lhokseumawe ± 30 km, dan jarak dengan pusat administratif kabupaten Aceh Utara (Lhoksukon) ± 69 km.

Luas wilayah Gampong Riseh Tunong ± 184,6502 KM² dengan batas wilayah:

Sebelah Selatan berbatasan dengan kabupaten Bener Meriah, sebelah Utara berbatasan dengan Gampong Riseh Teungoh. Sebelah Barat berbatasan dengan Gampong Paya Rubek/Ulue Meuh dan sebelah Timur berbatasan dengan Gampong Alue Ie Mudek ((Krueng Tuan), dan Nisam Antara.

Jumlah penduduk 2.122 jiwa, laki-laki 1023 jiwa dan perempuan 1099 jiwa. Mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani, dengan mata pecaharian utama; padi, pinang, coklat (kakao), kemiri, dan durian (boh drien).

Gampong Riseh Tunong memiliki enam Dusun meliputi; Dusun Lambayong (pusat administratif pemerintahan gampong), Dusun Blang Ranto, Dusun Cot Calang, Lhok Drien Barat (Padang Sakti), Dusun Lhok Baro, dan Dusun Damar Buleun (Dusun pilot projek binaan).