Riseh Tunong Gelar Musrembang Gampong

RISEHTUNONG.DESA.ID – Pemerintah Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Gampong (Musrenbang Gampong) tahun anggaran 2019, Rabu (19/12/2018).

Acara Musrembang Gampong Riseh Tunong 2018 diikuti sekitar 70 orang peserta dan dilaksanakan mulai pukul 10.00 s/d 16.00 WIB di Menasah Gampong setempat dan dipandu oleh Pendamping Desa.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain, yaitu Sekcam Sawang, Imum Mukim Sawang Utara, Pendamping Desa, Ketua Forum Keuchik Sawang, Kepala Desa beserta Perangkat Gampong, Ketua BPD (Tuha Peut) dan anggota, para Kepala Dusun, Imum Meunasah, Tokoh Masyarakat, Kader PKK, Kades Posyandu, dan Tokoh Pemuda.

Keuchik Gampong Riseh Tunong, Muzakkir Insya mengatakan, bahwa Musrenbang Desa 2018 untuk Penyusunan RKP Desa 2019. Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) gampong untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG) tahun anggaran yang direncanakan.

Sekcam Kecamatan Sawang Mardinuddin, S.Sos dalam sambutannya menyebutkan, UU Desa telah memberikan kewenangan yang besar kepada desa. Sekarang, desa bukan lagi sebagai objek tapi subjet dalam pembangunan desa.

Sesuai dengan Permendagri 114 Tahun 2014 Pasal 1 ayat 7 bahwa musyawarah antara Tuha Peut, Pemerintah Desa dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Gampong untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan dan kebutuhan pembangunan Desa yang didanani oleh APB Desa, swadaya masyarakat dan APBD kab/kota.

Pasal 46 ayat 1 menyebutkan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) diselenggarakan oleh kepala desa untuk membahas dan menyepakati rancangan RKP Gampong 2019.

Dokumen RKP Gampong kemudian menjadi masukan (input) penyusunan dokumen APB Desa dengan sumber anggaran dari Alokasi Dana Desa (ADD), Pendapatan Asli Desa (PA Desa), swadaya dan pastisipasi masyarakat, serta sumber-sumber lainnya yang tidak mengikat.(*)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan